loading...
(ketika di Push Up)
AWAL MASUK DAN HARI PERTAMA DISINI.
HARI KEDUA.
Pagi sekitar pukul 7 an setelah habis mandi dan mengenakan baju koko putih + celana hitam + peci hitam gue kembali bergegas ke aula pesantren untuk mendapatkan pengarahan seputar kegiatan selanjutnya, gw disini jalan santai sama beberapa teman2 gw dan menjelang 10 m pintu masuk aula tiba tiba ada seorang kakak panitia dengan raut muka yang sok asik nyuruh kita agar bergegas, gw disitu sih masih bodo amat lah udah deket juga eh malah marah kaka nya dan tiba2 teriak kurang lebih seperti ini "LARI LARI BURU LAMBAT KALIAN HEH". Sontak gw kaget tiba2 kok marah apa salah gue perasaan gue sama teman-teman gue daritadi murah senyum kok tiba2 dia marah apakah dia PMS? oh iya dia kan laki :v, tapi ada yang perempuan juga sih walaupun ga judes2 amat, awalnya kan gue jalan santai tiba tiba gue langsung lari gercep ke aula pesantren dan pas udah sampe ternyata bukan disitu tempatnya, hadeh  ̶b̶a̶n̶g̶k̶e̶  udah lari2 bukan disini ternyata di aula sekolah karena aula pesantrennya lagi dipake buat kegiatan program yang lain, eh dari jauh kakanya malah teriak "HEY BURUAN MALAH DIEM DISITU" ,anjir masih pagi udah marah2 kek apaan aja, akhirnya gue sama teman2 gue yang lain langsung gercep ke aula sekolah yang jaraknya sih bisa bikin lu capek klo lari sambil panik daripada dihukum kan gaenak :p dan akhirnya kita sampe ternyata udah mulai acaranya kita telat sekitar 10 menitan klo ga salah disitu kaka panitia kayak mau marah tapi masih mentolelir soalnya kan masih baru jadi aman lalu kita dipersilahkan masuk oleh pematerinya dan duduk di tempat yang sudah disesuaikan oleh panitia. Disitu gw merhatiin ternyata pematerinya adalah salah satu guru di pesantren gue, beliau mengajari kita semua tentang budaya pesantren yang baik dan bagaimana cara kita bisa bermanfaat bagi dunia ini ̶g̶a̶ ̶a̶s̶a̶l̶ ̶h̶i̶d̶u̶p̶ ̶a̶j̶a̶ ̶g̶i̶t̶u̶ contohnya kek budaya 5S : senyum, salam, sapa, sopan, santun yang bener2 bikin kita jadi ramah klo ketemu orang terus ada lagi budaya BRTT : bersih rapih tertib teratur buat kebersihan dan ketertiban mantep lah klo diterapin selama lu hidup. Disitu juga dijelasin tentang peraturan disana yang ternyata bener2 dah banyak banget contohnya kalo kegep pacaran atau ngedate sama ciwi masa depan kita bakal "suram" disitu, untungnya gue seumur hidup ga pernah pacaran jadi sih kemungkinan besar juga gue ga kena masalah pacaran ginian lagian juga gue jarang deket sama cewe malah hampir gapernah selama MTS Setelah materi tentang budaya disana, gue kira udah selesai eh tiba2 dateng seorang pria berseragam kek militer gitu, wah TNI AD nih mantep nih kenapa gue ngira dia dari angkatan darat? soalnya warna baju nya hijau kalau di AD kan seragam PDH nya hijau, lalu dia disitu basa basi sambil ngenalin diri ternyata dia adalah mahasiswa UPI ges bukan TNI dia disana ikut organisasi bernama MENWA, jadinya dipanggil sama sekolah buat ngelatih kita. Buat yang belum tau MENWA cari aja di google. Dia itu ketua/komandan menwa di universitasnya, wah serem nih kata temen gue, gue sih B aja bapak gw juga tentara sih apalagi ini bisa dibilang "bawahannya" TNI jadi ga galak2 amat.Lalu dia ngejelasin kalo dia nanti bakal jadi apa pas MOS berlangsung dan tentang trik hidup ala militer gitu dah ̶b̶i̶a̶r̶ ̶l̶e̶b̶i̶h̶ ̶g̶a̶m̶p̶a̶n̶g̶, gw baru tau ternyata duduk ditentara itu beda harus tegak dan pandangan lurus kedepan biar ga bongkok, namanya duduk siap, akhirnya materi selesai lalu kita disuruh ISHOMA, pas makan maag gw dah ga sakit2 amat jadi ga kek pas hari pertama jadi aman buat makan, abis makan ada materi lagi nah selama perjalanan dari mesjid gue amati gerak gerik kakak panitia ternyata mulai beda ga kayak pas hari pertama yang sangat "ramah",  sekarang mah mulai judes cuek gitu lah. Dimateri yang baru ini kita dijelasin tentang kegiatan MOS nya. Ternyata kegiatan gue dari hari pertama sampe hari ketiga besok itu baru PRA MOS, yang berarti masih lama selesainya. Anjir masih lama dong megang komputernya :(. Pas hari ketiga kita dikasih syal buat penanda gitu sama ada sedikit kejutan diakhir kalo kata ustad sana syal itu diiibaratkan belahan hati jadi klo ilang kek ada yang kurang anjay, yaiyalah di peraturannya kan klo ilang syal dibotak sama disuruh beli lagi mahal lagi harganya makanya jangan sampe hilang harus dijaga baik2 katanya. Yang paling bikin gue ̶a̶l̶a̶y̶ kaget ternyata mulai hari keempat kita bakal kemping ke hutan di daerah gunung gitu, a*** b*** gue yang selama MTS anak rumahan gapernah ke hutan/gunung tiba2 disuruh kemping di tengah hutan belantara, gila aja bisa tersesat gue (pikiran negatif mulai merasuki gue) palagi gue penakut abis yang klo keramas gue usahain buka mata walaupun perih karena takut ada jumpscare ala2 film horror kamar mandi kan gila tuh, yaudah lah gue coba ikutin aja alurnya siapatau asik kan,setelah semua materi tentang MOS/kepesantrenan habis kita santri baru disuruh beli perlengkapan kayak nametag, tali rapia, gunting dan banyak buat nanti di gunung, alhamdulillahnya kabim gue baik banget jadi kita tinggal ngasih duitnya kabimnya yang beliin jadi pas ashar kita bener2 istirahat sambil menunggu ̶s̶e̶n̶j̶a̶ ̶a̶l̶a̶2̶ ̶a̶n̶a̶k̶ ̶i̶n̶d̶i̶e̶  magrib, abis magrib kita di asrama dikumpulin jadi satu kelompok sama kabim nya dan dibagiin barang2 nya dan langsung dibuat sesuai intruksi tadi siang lalu abis isya kita santri baru langsung di suruh ke aula pesantren selama perjalanan dari mesjid ke aula seolah2 suasana menjadi mencekam ala film thiller gitu karena entah kenapa pas didepan pintu aja panitia nya udah mulai ngomel2 dengan muka judes nya. nah pas kita semua masuk langsung tanpa sebab dan akibat tiba2 kita semua dimarahi oleh MENWA yang tadi siang ngasih materi alasannya karena kita LAMBAT lah LELET lah APA lah banyak lah terus dia ngitung 1-5 klo belum duduk rapih sesuai tempat kelompoknya kita semua bakal kena push up sampe jera, sontak kita semua panik dong yang tadinya santuy seperti dipantai tiba2 menjadi tergesa gesa seperti dikejar anjing sumpah langsung ricuh suasana tabrakan sana sini lah ampe jatoh wkwk sumpah kasian bgt yang jatoh, pas udah di itungan ke 11 kita baru bisa duduk per kelompok itu pun acak acakan, ya wajar sih baru dateng tiba2 digituin ya panik jadi seadanya. MENWA tersebut murka akhirnya memberikan kita sanksi berupa push up, tangan gue yang kecil merasa gemeter karna ya dirumah emang gapernah olahraga, langsung kita diberi hukuman 20x push up dan dia yang itung terus klo ada 1 orang yang ga push up maka bakal ditambah sanksi nya, kan b**** udah cape2 ngikutin eh malah ditambah, ketika selesai kita kan masih posisi tengkurep lalu sang menwa berkata : kalian saya beri waktu 5 detik untuk merapihkan posisi mulai!, suasana kembali ricuh dan alhamdulillah kita bisa rapih di itungan 7 detik, ya ada peningkatan lah daripada pas awal, eh dia marah lagi hukuman kita ditambah sama yang tadi pas hukuman awal jadinya hutang hukuman yang harus diselesain pas selesai materi, hadeh baru hari kedua udah gini _-. Dimateri ini dia menjelaskan tentang kedisiplinan mantep dah materinya dan kita dituntut dalam1 minggu MOS ini kita harus bisa menjadi orang disiplin. materi demi materi kita lalui lalu akhirnya di akhir materi kita dikasih tau bahwa MOS itu wajib BOTAK. Langsung semuanya kaget "hahhhh" seperti itulah ekspresi para santri baru, gue juga kaget gue kira cuman untuk para pelanggar aja yang botak ternyata untuk santri baru juga botak malahan WAJIB kalo engga gabakal sah MOS nya harus diulang tahun depan, hadeh masa 2x MOS nya ini aja baru hari ke2 udah pen kabur (lebay bin alay emng) apalagi tahun depan kalo ikut lagi. Yaudah lah jalanin aja:((, sebelum pulang kita menyelesaikan hukuman push up yang tadi pas ga rapih eh tetep aja masih aja ada yang ga naik pas pushup tambah banyak utang hukumannya, karna udah malem menjelang jam 10 an lewat akhirnya kita disuruh pulang ke asrama masing2 untuk tidur biar besok bisa "sEmANgaT" ikut kegiatan selanjutnya. Kita pulang selama dijalan dan di kamar, gue sama temen2 gue mengghibah semua panitia dan menwa nya karna ya kaget aja gitu hari pertama santai tbtb hari kedua kek gini saking asiknya gibah kita ditegur ustad agar segera tidur buat kegiatan besok, yaudah gw ambil wudhu terus baca doa terus tidur deh, alhamdulillahnya ustad yang ngejagain kita selama 1 thn kedepan itu baik banget jadinya lumayan betah di asrama dan di pesantren.

HARI KETIGA.
Di hari ketiga ini gue bangun lebih bagi sekitar jam 2 lewat menjelang jam 3 an berkat alarm baru temen kamar gue, alhamdulillah gue dihari ini langsung bangun ga kayak pas awal2 yang nunggu ustadnya bolak balik baru bangun dihari ini gue mulai disiplin karna masih awal2 juga dan efek kemarin di hukum karna kurang disiplin jadi gue mulai merubah kebiasaan gue yang jelek menjadi lebih baik Setelah bangun gue duduk dulu sebentar di kasur sambil ngumpulin nyawa biar ga pusing terus gue langsung ke kamar mandi disana gue langsung mandi plus sambil wudhu  biar ga ngantri2 lagi kayak pas abis subuh apalagi nanti sore mau ke hutan pasti bakal mandi semua seasrama. Byar byur gue basahin badan dan setelah selesai badan gue tiba2 langsung gemeteran menggigil gitu berr, klo kemaren kan  pas awal2 disini kan cuman wudhu klo ini langsung mandi yaa menggigil dan gemeteran badan gue karna belum terbiasa juga kondisi dan suhu disini (emng alay sih tapi begitu lah kenyataannya jika orang yang biasa panas2an tiba2 ke daerah yang dingin pasti mendadak alay), bagi lu yang terbiasa panas panasan kayak pas tinggal di jakarta atau bekasi bisa di coba sendiri jam 2.30 mandi di daerah bandung deket2 lembang biar sedikit tau dinginnya kek apa. abis itu temen gue ngajakin sholat tahajud bareng dan kita sholat terus sempet ngobrol agak lama sampai akhirnya kita ber2 ngantuk lagi karna subuhnya  sekitar jam 4 lewat dan saat itu masih sekitar 1.40 jam an lagi setelah kita ngobrol akhirnya kita mutusin untuk rebahan sebentar lagian kalo ketiduran nanti juga bakal dibangunin sama ustad -kata gue. Ternyata oh ternyata kita berdua malah kebablasan, bangun2 udah jam 5 dan gue langsung siap2 pake baju koko dan otw keluar asrama sama temen kamar gue, tapi sebelum keluar gue sempet ngecek apakah masih ada orang di asrama?  ternyata udah bener2 kosong gitu aja ga ada orang 1 pun tinggal gue berdua sama temen gue, anjrit beneran ditinggal mana serem lagi hawa asramanya langsung aja kita keluar pas di pintu ternyata pintu keluar asramanya malah DIKUNCI, and then gue sama temen kamar gue TERJEBAK dan gabisa kemana2 sampe mereka pada pulang dari mesjid, sempet takut karna emng hawa asramanya dingin rada horror gitu untungnya ga sendirian yaudah deh mau ga mau kita tetep harus nunggu, sambil menunggu mereka pulang kita berdua sholat subuh di kamar dan tidur lagi karena kita tungguin 30 mnt an ternyata belum pulang2 yaudah tidur aja nanti juga dateng. Setelah cukup lama tidur kita berdua dibangunin sama temen asrama yang lain pas gue sama temen gue bangun gue kaget kok pada ngumpul disini perasaan gue lagi ga bagi2 sembako, gue tanyain aja "rame banget kamar gue lu pada mau ngapain disini? kita ngantri kamar mandi, numpang bentar yak" ohh gue kira ngapain, gue sama temen kamar gue juga udah mandi yaudah kita keluar kamar ngambil katering buat sarapan pas mau ngambil nasi kita ketemu ustad ditanyain tuh "kalian kemana aja tadi, kok ga ada di mesjid? kita berdua ketiduran tad hehe maafin ya tad, iyaa jangan diulangin lagi yaa", siapp tad" alhamdulillah ga dimarahin cuman diingetin, mungkin kalau sama panitia MOS udah di push up kali wkwk. Kita berdua sarapan di ruang tengah asrama yang lumayan gede kita seasraa sering menyebutnya aula karna sering dipake buat kumpul2 sama mentoring sama ustad, sembari makan gue sempet tanyain ke temen gue kayak gini "kenapa tadi lama banget cuk sholat subuhnya? tadi ada kajian subuh makanya agak lama lu lagian pake acara ketiduran untung ga ada panitia bisa dihukum klo ketahuan, iya sorri maap tadi kesiangan abis tahajud jam 2 terus nunggu subuh kelamaan yaudah bobo lagi" seperti itulah percakapan gue sama temen gue. Setelah selesai semuanya kita bersiap2 memakai baju koko putih celana hitam sama kayak hari kedua, yaa jalan ceritanya hampir sama pas sampai di aula kita di push up karena telat dan segala macem ya gitu lah pokoknya. hari ini kita ada materi tentang fiqih alam yaitu bagimana cara hidup dihutan sesuai ilmu fiqih yang benar, selama gue hidup 15 tahun gue baru tau ternyata kalo kita pakai sepatu kita masih boleh wudhu tetapi sepatu kita gaboleh dilepas selama beberapa saat, karna kalau dilepas bisa bisa kita gaboleh lagi wudu pake sepatu dan mau gamau harus lepas tu sepatu, pasti ribet tuh apalagi kita nanti pas di gunung harus gerak cepet, lelet dikit langsung dihukum gue harus selalu inget nih. Abis materi selesai saatnya kita PEMBOTAKAN, yak disinilah waktunya kita dibotak sebelum ke hutan, behh bener2 dah kita dipanggil satu persatu gue sempet liat temen gue yang dibotakin ternyata bener2 botak plontos gak tersisa bukan cepak, bener2 lama pembotakan tuh akhirnya panitia mulai mager mereka mencoba menghibur kita dengan beragam permainan, tetep aja akhirnya capek dan untuk pembotakan mereka memakai sistem baru yang bernama : yang paling rapih boleh botak duluan, Oh tentu saja seketika kita semua langsung duduk sigap serapih-rapihnya dan mulai dipanggil tuh yang rapih, gue ternyata dapet di bagian akhir menjelang dzuhur, mungkin duduk gue acak2an ato gimana yaudahlah biarin aja yang penting cukur, setelah cukur kita disuruh mandi dan disuruh persiapan ke gunung dengan masukin beberapa barang yang dibutuhkan ke tas dan kembali lagi ke aula sekitar jam 2 an, gue langsung lari karna gue tau pasti bakal rame banget kamar mandi pas dijalan gue ketemu sama temen gue dia udah rapih aja dan bilang ke gue suruh cepetan karna asrama mau ditutup  soalnya mau dzuhur. Yak pas sampai gue langsung aja mandi terus sholat di kamar karna udah keburu dikunci asramanya abis itu makan siang, pas makan gue sempet nyari temen disini ternyata ada 2 orang yang baru selesai mandi juga jadi gue ga sendirian disini, lalu setelah makan selesai gue langsung beres2 barang yang kira2 bakal gue butuhin dan emng diwajibin panitia pas nanti kita ke hutan nanti. Akhirnya selesai semua Sholat Dzuhur udah, mandi abis botak udah, makan siang udah, prepare buat ke gunung juga udah, tinggal perjalanan menuju gunung. Sambil nungguin akhirnya temen gue dateng dari masjid dan masuk kamar tiba2 ngakak wkwk ngetawain gue yang botak, gue juga ngakak ketawain dia karna beda banget bentuk mukanya yang awalnya b aja tiba2 jadi aneh absurd gitu wkwkwk pertama kali gue ngerasain botak abis sama ngeliat langsung orang yang baru dibotak jadi gini wkwk, lalu jarum jam menunjukan pukul setengah 2 siang kita mulai bersiap2 menuju lapangan bola tempat hari pertama kita dikumpulkan bre dengan memakai baju hitam panjang + celana panjang + sepatu gunung/PDL bener2 kayak orang mau camping deh, gue mulai mengangkat tas yang sudah berisi peralatan itu ternyata cukup berat cuk, badan kecil gue ternyata belum terlalu kuat ngangkatnya akhirnya gue sepakat sama temen gue untuk tukeran beban tas, temen gue sih setuju karna beberapa barangnya ada yang dia simpen di tas gue jadi wajar berat dia juga merasa iba  ke gue apalagi badan dia lebih gede dari badan gue yaudah akhirnya kita tukeran tapi tetep aja sih tas dia lumayan berat juga walaupun ga seberat tas gue yang tadi gue angkat ya biarin dah daripada ga samasekali kan. Kita seasrama jalan bareng menuju lapangan ya seperti biasa pas ketemu panitia langsung disuruh cepet2 disuruh lari heleh... pas sampai kita disuruh mengecek kembali barang2 yang kita bawa takut kelupaan karna kalo kelupaan bisa bermasalah nantinya, dibongkar semua dikeluarin semua yang ada di tas panitia ngecekin pas udah di cek kita masukin lagi, nah disini nih mulai2 ga enaknya, lagi masukin barang ke tas eh tbtb di hitung suruh cepet, sontak kita semua langsung cepet2 dong gapeduli mau rapih atau berantakan yang penting masuk aja biar ga dihukum lagi nah karena kecerobohan gue asal naruh barang yang penting masuk, ternyata malah tambah berat tas nya yaudah dah paksain aja paling juga pas sampe gunung langsung disuruh istirahat kan. Kita semua langsung disuruh untuk ke angkot naruh tas disusun dengan rapih terus kita naik dan langsung berangkat ke daerah tangkuban perahu, sepanjang perjalan gue sama temen2 gue cuman ngobrol sebentar banget malah hanya beberapa yang ngobrol sisanya diem dan mungkin ngantuk juga kali ya dan benar baru sekitar 30 mnt perjalanan temen2 gue di angkot udah pada tidur gue juga ngantuk gatau kenapa yaudah tidur aja daripada gabut juga. Sekitar 1 jam an perjalanan akhirnya kita semua sampai di daerah gunung tangkuban perahu sekitaran lembang lah, dari pas kita turun udah mulai kerasa hawa dingin sama kabutnya malah klo gue niup gitu ada asepnya kayak di daerah dingin gitu. Abis itu kita langsung di instruksikan sama panitia untuk berbaris sesuai kelompoknya membawa tas nya masing2 karna gamungkin dibawain juga :v banyak intruksinya seperti peraturan dihutan tuh kita gaboleh ngapain aja terus kalo kita sakit kita harus teriak buat manggil p3k nya dan lain2. Gue kira kita semua pas sampai langsung camping disini ternyata enggak,kita masih jalan lagi sekitar 1 KM hadeh jauh banget apalagi barang bawaan lumayan berat setelah pengecekan anggota kita semua berangkat menuju  ̶p̶e̶d̶a̶l̶a̶m̶a̶n̶ tempat camping, selama perjalanan emng gelap banget tuh apalagi cuacanya mendung dikhawatirkan takut hujan panitia menyuruh kita untuk bergegas, sepanjang perjalanan banyak yang tumbang malah ada yang asma nya kambuh sampai kakinya keseleo, beh kasian banget asli, sehingga yang tadinya perjalanan sesuai kelompoknya diubah menjadi yang kuat jalan cepet didepan  dan gue walaupun keberatan sampai pundak gue sakit banget gue tetep paksain sampai minta tolong angkatin tas gue kepada temen gue yang dibelakang biar lebih enteng agak gadir sih tapi ya gpp lah :v. Matahari mulai tenggelam kita baru 3/4 perjalnan dan bener2 gelap kita walaupun udah  ngeluarin senter pun tetep aja gelap sampe kita disuruh berjalan bersebelahan sama sebelahnya sambil pegangan sama kayu biar kalo ilang ato jatoh ke jurang ketauan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan, behh pertama kalinya gue magrib menjelang waktu malam jalan di tengah hutan belantara, walaupun ramai-ramai gue tetep aja berpikiran negatif gimana jadinya kalo nanti ada yang jatuh lah apa lah behh udah gitu makin lama makin banyak aja yang tumbang sampe asma nya kambuh tambah serem lagi, panitia juga nyuruh kita jalan sambil istigfar biar pikiran kita ga kosong gitu, singkat cerita menjelang jam 7 kita sampai juga di tempat kemah, yeyy kita semua bangga bisa mencapai hal itu walaupun ga curam2 amat tapi bagi gue itu sebuah pencapaian yang luar biasa wkwk, lalu kita semua disuruh berbaris kembali terus diperiksa kelompoknya takutnya kan ada yang hilang atau begimana pas di cek ternyata banyak juga yang tumbang karena kecapean dan juga sakit, alhamdulillah gue masih sehat dan masih kuat walaupun pegel banget gara2 tas yang berat dan kaki yang  ̶k̶o̶p̶o̶n̶g̶ udah mulai kram. Akhirnya kita disuruh naruh tas di sebuah tenda yang besar banget buat nanti kita tidur setiap kelompok memberikan perwakilan 2 orang buat ngerapiin tasnya biar bisa langsung istirahat nanti, kita langsung disuruh ambil wudhu buat sholat magrib karena bentar lagi mau abis waktunya abis itu kita makan seperti biasa pake nampan buat 6 orang sebelum makan kita nyanyi lagu makan yang menurut gue sendiri sih unfaedah karena tidak terlalu bermanfaat tapi ya mau gimana lagi itu udah ketentuan sekolah jadi ya ikutin saja prosedurnya daripada di hukum, makanya juga pakai waktu biar disiplin katanya dan gaboleh satu butir pun tertinggal atau pun jatuh jadi kalau jatuh 1 aja bakal diitung 1 seri hukuman (1 seri = 10x) dan yakk banyak sekali nasi berceceran dimana2 dan banyak juga yang belum habis akhirnya kita semua kena hukuman tapi panitia berbaik hati kepada kita jadi hukuman diberikan esok hari dan tentunya lebih 'parah' pastinya wkwk, setelah makan kita sholat isya dan menuju ke tenda persiapan istirahat dan bobo buat besok, baru mau tidur ternyata kita yang laki laki disuruh pindah ke tenda sebelahnya yang tadinya dipake perempuan dengan alasan agar perempuan bisa lebih dekat ke medis dan tenda yang satunya miring di lereng takut perempuan kenapa2, halah ribet banget sih mau tidur aja padahal mah kalau lu udah capek pasti mau kondisi apapun bakal tidur juga eh ini malah ngeribetin helehh.... yaudah kita semua yang laki2 pindah ke tenda yang deket lereng dan mulai ngerapiin lagi ternyata tendanya agak sempit gak kayak yang tadi jadi ya mau ga mau harus dempet-dempetan dan akhirnya kita semua siap untuk tidur... tapi sebelum itu panitia ngasih tau bahwa dari kelompok kita 2 orang bakal dibangunin dan bergantian setiap 4 jam sekali buat jaga tenda dan tas takutnya ada babi hutan gitu kan ga lucu tiba2 babi hutan nyeruduk semuanya jadi chaos nanti yasudah lah gapapa akhirnya gue dan beberapa teman lainnya tertidur sambil menunggu giliran untuk berjaga dan Bersambung disini.
(pas makan)
NB : MOHON MAAF APABILA TULISAN DIATAS BANYAK YANG KATA2NYA SULIT DI MENGERTI ATAU BERANTAKAN DAN EJAANNYA TIDAK SESUAI PUEBI KARENA ITU BUKAN SEBUAH ESSAI BAHKAN BUKAN SEBUAH PUISI JADI YA ALA KADARNYA DAN APABILA CERITA ITU MASIH ADA YANG KURANG MOHON DIMAKLUMI KARENA SAYA MANUSIA BUKAN ALIEN GUDANGNYA 1001 KESALAHAN.

Post a Comment