loading...
(Ilustrasinya kek gini saking malesnya)
SEPERTI INILAH KISAHNYA...                                       
Sekitar waktu subuh gue terbangun dari tidur yang sama sekali tidak nyaman dan penuh pikiran karena pada hari itu ditanggal 16 Juli 2016 akhirnya gue akan kembali bersekolah setelah liburan panjang sekitar 2-3 bulanan karena libur UN. Sebenernya sih bukan masalah sekolahnya yang bikin gue ga semangat atau bikin kepikiran, gue malah pingin banget sekolah lagi karena gabut banget dirumah selama liburan dan juga pingin punya temen baru, TAPI yang bikin gw kepikiran itu karena gue bakal sekolah jauh banget dari rumah, bisa disebut dengan sekolah "Pesantren". Mending kalau cuman seminggu atau sebulan kayak di pesantren kilat gitu tapi ini 3 tahun coy bayangin pasti ga bakal betah disana bakal kesusahan, LEBAY SIH EMANG tapi ya gue kan selama TK - SMP bisa dibilang anak rumahan yang jarang main jauh, wajar aja gitu gue bilang kek tadi karna gue emang ga pernah jauh dari orang tua lebih dari 5 hari dan juga ga pernah pergi jauh sendirian dari rumah selain di jakarta dan rumah gue yg dulu di daerah jonggol. Yaudah mau gamau harus gw laksanakan mandat dari orang tua gue karena itu juga pilihan gue sih. Ada Pro dan Kontra juga pas gw milih melanjutkan pendidikan gue di pesantren, Pro nya adalah gue bakal di beliin laptop baru yang lebih bagus dari sebelumnya jika gw bersedia sekolah di pesantren, gw kan waktu itu seorang GAMER berat dan akut yang tiap hari main game2 berat di laptop kentang, ya gue pribadi mau banget dan langsung setuju apalagi pesantrennya SMK Komputer gw kan dari dulu hobi banget tentang komputer sampe pernah dibilang heker gara2 gw bikin "virus" dinotepad hasil copasan google, yaudah gw langsung setuju deh ga mikir panjang lagi, Kontra nya adalah KENAPA HARUS PESANTREN SIH? KENAPA GA SMKN BIASA AJA, Ternyata gue dituntut biar bisa hidup mandiri juga, karena pas lu nanti punya keluarga baru pasti lu bakal pisah dong dari orang tua makanya harus mulai mandiri setelat telatnya pas menuju SMA dan harus bisa lebih baik dan disiplin di pesantren, ya jujur aja sih gue dari SD-MTS emang sering telat kalo sekolah bahkan ampe satpamnya pun hafal tentang ketelatan gue pas SD :v apalagi bokap gw tentara ya pasti gw harus bener2 bisa jadi seorang pria, ga manja2an ga cuman rebahan aja kek orang ga niat hidup, apalagi sampe lupa yang namanya ibadah. Yaudah deh gue terima siapa tau kan gue disana jadi  ̶t̶a̶m̶b̶a̶h̶ ̶g̶a̶n̶t̶e̶n̶g̶  terus jadi seorang anak yang udah orang tua gue harapkan ketika gue menempuh pendidikan disana. Nah lanjut nih abis bangun gw langsung sholat subuh karena orang tua gue nyuruh siap2 dari subuh biar ga kena macet soalnya Jakarta-Bandung sering macet palagi ini hari sabtu pas weekend pasti macet parah, pas gw udah siap tinggal berangkat gue sempet ada kepikiran kek gini "Mending gue kabur aja lah perse**n dengan pesantren dan laptop baru gue yang penting bebas" Tapi gue mikir juga kalo gue kabur gue mungkin bisa jadi gelandangan dan beberapa keluarga gue jauh semua palagi gue kan jarang keluar rumah jadi gatau jalan yaudah deh pasrah aja :(, selama di mobil kegiatan gue ya cuman tidur dan tidur sambil denger lagu tanpa mikirin bagaimana disana terus gimana kedepannya, yaudah lah bodo amat lah sama pikiran negatif itu karna gue tau kalo gw pikirin terus pikiran negatif itu yang ada hasrat gue untuk kabur itu semakin besar, yaudah tidur deh biar enjoy dan singkat cerita udah sampe nih di pesantren nya, gue padahal berharap banget di jalan itu macet parah sampe berjam-jam klo bisa sampe 24 jam biar gue telat dan ga ikut MOS nya, eh malah lancar jaya ga ada macetnya samsek yaudah deh terima nasib wkwk.

HARI PERTAMA.
Pas sampe gue langsung turun terus diarahin ke lapangan oleh kakak panitia, disana ternyata udah rame banget dan pintu masuknya ada didepan, berasa artis gue diliatin banyak orang :v, terus antara cowo dan cewe itu dipisah di tutupi penghalang gitu biar gak kelihatan lalu disuruh duduk bareng orang2 yang sangat asing semuanya, pas sesi perkenalan itu tuh yang bikin gue heran ternyata ada yang jauh2 dari luar jawa rela ngeluarin biaya mahal demi bisa pesantren disini, gile aja kalo gue jadi dia mah gabakal mau, pas ditanya motivasinya apa ternyata dia ingin berubah jadi lebih baik karena dulunya badung, bandel, suram dan dia tuh tidak ingin membuat orang tua kecewa udah ngelahirin dia terus bakal mencoba bagaimana caranya agar bisa lebih baik kedepannya, masya allah sungguh mulia sekali cita-cita anak ini, motivasi gue kesini aja karna laptop baru terus pingin jadi heker, sangat jauh dari yang dia cita-citakan selama disini :'v. Disitu gue juga sempet minder karena badan gue bisa dibilang paling kecil dalam artian sangat kurus dan tinggi gue ya ga tinggi2 amat pokoknya ga kayak anak umur 15-16 tahun lah pada umumnya malah kek anak umur 11-12 thn waktu itu tapi setelah gue liat2 lagi manusia manusia nya ternyata beberapa juga ada yang tingginya sepantaran beda 1-3 cm lah sama gue walaupun gue lebih kurus, yaudah lama-kelamaan minder gue mulai jadi B aja. Setelah perkenalan dan beberapa tes mengaji untuk pengelompokan nanti abis mos, gue diintruksikan sama kakak panitia ke Aula pesantren untuk mengecek kelengkapan barang bawaan gue dan ngecek juga apa gue bawa barang yang di haramkan seperti senjata tajam, senjata api, narkoba dan lain2 atau malah ada yang kurang, pas dicek dibongkar semua satu persatu sama kita sendiri terus panitianya tinggal bacain barangnya terus kita bilang iya, klo ga ada barangnya hari itu juga harus dibeli karna bakal dipake dibeberapa kegiatan selanjutnya. Banyak temen2 gue yang jadinya berantakan dan amburadul, pas disuruh beresin lagi ya ada yang asal masuk ada juga yang rapih, klo gue ada diantara kedua tipe itu, setelah beberes barang kita dikasih kelompok buat kegiatan selanjutnya, awalnya kita milih secara acak lewat semacam permainan lah terus setelah 3x ganti kelompok akhirnya panitia ngasih tau tentang kelompok permanen, usut punya usut gue ternyata kelompok permanen ini adalah kelompok berdasarkan hasil saat tes ngaji di lapangan, palagi pas tes kemampuan ngaji gue bisa dibilang ga bagus malah ancur jadi ya bakal ditempatin yang sama orang2 yang sejenis sama gue terus dikelompok ini juga gabisa asal pindah aja kek kutu loncat dan bakal sama terus selama kegiatan berlangsung jadi ya harus saling kenal satu sama lain. Selama pengelompokan ini tuh seru banget kakak panitianya juga pada asik dan ramah sambil main pijit pijitan saling perkenalan, di kelompok yang permanen ini gue merasa sedikit canggung karena orang2nya ga seperti tadi pas pengelompokan secara acak mungkin karna gue belum kenal lebih dekat aja sih biasalah manusia blm kenal aja udah nge judge duluan malah yang lebih lucu lagi baru pdkt belum jadian udah sakit hati duluan hahaha eh salah topik. Lalu kenalan sama kakak pembimbing kelompoknya ato bisa disebut dengan Kabim biar efisien, setelah beberapa games dan perkenalan di kelompok permanen ini kabim dan panitia menginstruksikan seluruh santri baru buat langsung menaruh barang2 pribadi kayak koper, baju, lemari untuk ditaro di asrama. Asramanya pun beragam lokasinya jadi ga satu daerah ato satu kamar muat semua santri, letaknya ada yang dekat lapangan tempat tadi kumpul untuk beberapa santri baru kls 10 dan semua kls 11, ada juga yang jauh harus nyebrang dulu untuk beberapa kls 10 aja, terus ada juga yang deket sekolahan itu buat kelas 12 nya, gue berharap dapet yang deket palagi barang gue berat banget dan badan gw dulu kecil jadi mana kuat gue bawa barang seberat itu baru nyoba keangkat 1cm aja tangan gue udah kek ngangkat beton tapi takdir berkata lain, pas dibacain kamarnya ternyata gue dapet yang paling jauh yang harus nyebrang dulu, gue sempet mager disitu tapi yaudah gue bawa baru jalan 4 meter tangan gue merasa ga kuat, yaudah gw minta tolong ke kabim nya yang udah bawa banyak barang untuk bawain barang gue eh ternyata mau padahal dia juga udah bawain barang temen gue yang lain, gue disitu merasa jadi orang yang merepotkan tapi ya gimana lagi drpd jatoh semua barang gue dan ga keangkat yaudah terpaksa deh akhirnya. Jarak dari lapangan tempat gue kumpul ke asrama itu lumayan jauh sekitar 50-100 meter keknya udah gitu pas sampe bukannya tinggal santai ternyata masih dikunci uhh disitu kesel bat gue pingin gue buang semua nya udah tangan kecil gue sakit ditambah lagi ini belum dibuka lagi, sekitar 20 menitan akhirnya bapak ustad yang akan menjaga kita semua selama 1 tahun dateng dan dia minta maaf telat karena apa ya gue lupa ada yang sakit gitu lupa dah yaudah pas gue masuk ternyata sempit lorong masuknya tapi enak kamarnya kek kos kosan sekamar cuman 2 orang perkamar gue muter2 daerah situ mencari kamar yang ditempelin nama gue nya sampe kebelakang eh ternyata masih gaada pas ke tempat kek aula kamar gitu baru ada gue lihat kamar gue sih enak ada kamar mandinya dan juga masih ada pintunya soalnya temen gue ada yang ga ada pintunya samsek sampe dia kebingungan kok bisa kamar gaada pintunya :v jadi dia harus beli korden sendiri buat privasinya tetep aja siapapun bebas masuk. Akhirnya gw sampe dan kenalan sama temen kamar gue ternyata dia orang luar jawa yang punya motivasi tinggi disini (bukan yang tadi lapangan beda orang tapi insya allah sama motivasinya) dan gue cerita2 ke dia dan sempet banggain kamar kita karena ada kamar mandi didalem dan ada pintunya eh ternyata kamar mandinya itu dipake buat rame rame, Gile aja 1 kamar mandi pake buat sekitar 13 orang di satu kamar, mending klo diluar kamar lah ini di dalem kamar gue, kebayang ga tuh tiap saat ada yang dateng ke kamar gue cuman buat buang air, mandi, mencari ide, bahkan sampe nongkrong didalem biar bisa bolos. gue sih terbuka tapi paling males kalo ada 'kampret' yang dateng abis buang air eh pintunya ga ditutup baunya itu semerbak anjir nyebar di kamar gue. ya gimana lagi yaudah terima aja kenyataan kalo kamar gue emng spesial :v. abis itu kabim yang tadi ngasih tau ke penghuni kamar buat dateng ke aula pesantren buat mengikuti acara selanjutnya abis ashar, jadi dari jam 11 gue bisa santuy dulu dikamar main hp sebelum hp gue dibawa pulang ke jakarta lagi sama ortu gue apalagi temen kamar gue waktu itu pergi ke pasar dulu karena ada barang yang lupa buat nanti pas MOS jadi gue sendirian dikamar kalau ortu gue lagi ada bimbingan sama kepala sekolahnya waktu itu klo gasalah yaudah deh santuy. Nah abis sholat ashar gue langsung ke aula pesantren bawa piring soalnya ada makan siang disitu, disini gue ketemu sama temen gue yang awalnya BAPAK BAPAK karena nih orang tinggi banget mukanya tua (bukan ngatain emng kenyataan) gue sempet mikir kok ada bapak2 ngambil makan ditempat murid baru terus duduknya juga depan gue anjirb bisa gini yak :v pas makan gue awalnya enjoy aja nikmatin nya tapi tiba2 Maag gue kambuh dan gue mual kalo mau makan lagi, gue sempet malu klo ga gue abisiin dikira tukang buang2 makanan nanti terus gue nyoba tawarin ke samping kiri kanan gue ternyata ga ada yang mau karena udah pada kenyang juga, gw nyoba nawarin si bapak bapak tadi eh mau dia wah baik banget dia mau ngabisin makanan gue :D, terus gue sama dia kenalan ternyata dia seangkatan sama gue dan se asrama juga, gue merasa berdosa karena telah menilai dia sebelum kenal dia lebih jauh yaudah deh udah terlanjur dia juga gatau kan apa yang gue omongin dalem hati :v.. Abis itu kita ada sesi perpisahan sama orang tua, disitu sih banyak yang lebay juga ada yang nangis gitu tapi ya gue udah mulai biasa aja karena udah ada temen baru juga yaudah kenapa harus nangis kan disitu gue kasih HP gue ke orang tua gue dan pamitan deh. Nah pas malem dikasih tau beberapa tentang kegiatan esok hari sama di kasih tau juga siapa ketuplak MOS dan gue ga terlalu merhatiin juga karena gue disitu udah mulai ngantuk nanti juga bisa gue tanya ke temen gue yang merhatiin, setelah gue perhatiin ternyata 1 kelompok permanen tadi tuh satu asrama sama gue, karna pas diasrama kok ketemu dia lagi, mungkin biar gampang juga kali ya koordinasiin nya kadang2 juga kabimnya tidur diasrama gue, walaupun ada 2 orang diasrama gue yang beda kelompok, klo mau tau 2 orang itu adalah orang yang kamarnya itu gaada pintu nya yang sempet gue ceritain tadi, sempet kasian juga sih udah berjauhan kelompoknya eh kamarnya malah kek gitu :( sabar aja dah. Lalu ketika gue kembali diasrama pas dijalan tiba2 ada yang senyum ke gue dan ngucapin assalamualaikum ke gue, gue jawab dong salamnya dan gue merasa masya allah anak pesantren kek gini ternyata :)) nah pas diasrama ada bimbingan dulu sama bapak ustad, pas ustad ini juga yang megang kunci asrama disitu jadi klo dikunciin gara kemaleman pas pulang ya harus berurusan sama dia nanti :v terus dijelasin peraturan asramanya kek gimana, abis itu kita semua langsung disuruh tidur biar besok bisa tahajud dan gampang dibangunin, gue sebagai orang yang ingin bersosialisasi ya ga langsung tidur tapi ngobrol sama teman kamar gue sambil kenalan sama yang lain lumayan lama sih terus akhirnya tidur juga walaupun udah kemaleman tiba2 jengjeng udah jam 3 aja gue dibangunin sama pak ustad buat tahajud, sumpah disitu mager banget berasa dikasur ada lem nya gitu males bat bangun tapi ya tetep aja gue harus bangun karena itu kewajiban gue, karena gue susah bangun pak ustadnya bolak balik terus bangunin gue akhirnya gue bangun dan disuruh wudhu biar seger, nah pas wudhu gue kaget banget yang biasa nyaair di jakarta anget anget gitu pas nyoba air bandung ternyata dinginnya kek air kulkas ya sontak gue kaget banget karena dimoment itu gue masih setengah sadar terus disuruh wudhu eh ternyata airnya dingin banget. Abis wudhu gw gemeteran gitu karna ya kedinginan abis kena air bandung terus udara sama hawanya juga bener2 dingin disitu. Lalu gue melaksanakan sholat tahajud abis tahajud kita santri baru disuruh langsung ke mesjid ̶b̶i̶a̶r̶ ̶g̶a̶ ̶t̶i̶d̶u̶r̶ ̶l̶a̶g̶i̶. pas gue mulai buka pintu depan asrama, sumpah anginnya tuh menggoda banget untuk tidur lagi karena dingin banget tapi berkat dorongan dan ajakan dari temen2 yang baru gue kenal semalem, gue tetep sholat subuh dimesjid. Gue bersyukur karena dari semua asrama yang ada di ponpes ini ternyata cuman asrama gue doang yang paling deket ke mesjid. Lalu kita semua melaksanakan kewajiban sholat subuh lalu kembali lagi ke asrama dan langsung mandi biar ga ngantri karna bakal lama pasti klo udah ketinggalan slot kamar mandi, setelah mandi langsung mengenakan baju koko plus peci hitam dengan rapih dan kita para santri baru berangkat ke aula pesantren yang kemaren dan Bersambung disini.
 
(Pas pijit pijitan)
NB : MOHON MAAF APABILA TULISAN DIATAS BANYAK YANG KATA2NYA SULIT DI MENGERTI ATAU BERANTAKAN DAN EJAANNYA TIDAK SESUAI PUEBI KARENA ITU BUKAN SEBUAH ESSAI BAHKAN BUKAN SEBUAH PUISI JADI YA ALA KADARNYA DAN APABILA CERITA ITU MASIH ADA YANG KURANG MOHON DIMAKLUMI KARENA SAYA MANUSIA BUKAN ALIEN GUDANGNYA 1001 KESALAHAN.

Post a Comment